Tetap Terampil saat Bepuasa

PESANTREN Ramadan rupanya cukup menyenangkan di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Di antaranya tampak saat para siswa putra diajak membuat Lampu Air Hias sekaligus lampu darurat dan kegiatan menjahit bagi siswa putri.

Lampu air hias ini cukup sederhana, yakni hanya bermodalkan gelas, air, minyak goreng, batu hias, dan cotton bud, namun hasilnya cukup indah dan unik bekat sentuhan kreatifitas siswa. Keseruan juga tampak saat siswa putri diajak praktik menjahit kain sobek dengan beragam seni menjahit seperti tusuk jelujur, tikam jejak, feston, sum, dan ditambah memasang kancing baju.

“Siswa putra maupun putri tampak antusias mengikuti kegiatan keterampilan tersebut karena masing-masing memiliki manfaat yang akan berguna dalam melatih kemandirian mereka. Dengan kegiatan ini, diharap dapat memberikan nilai kemandirian pada diri siswa terutama pada masalah-masalah kecil seperti ini yang sering terjadi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk merefresh otak siswa agar ada keceriaan yang dibawa sepulang mereka mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan,” ungkap Mustamim Luthfi, Waka Kesiswaan SMP Al Irsyad Purwokerto.[Hety]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*