Senam SKJ dan Bussiness Day yang Menyenangkan

SABTU (31/3) ada yang berbeda di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pagi itu kelas 7 dan kelas 8 reguler mengikuti kegiatan yang diadakan oleh OSIS yaitu senam massal SKJ 2017 dan Bussiness Day.

Kegiatan senam massal ini merupakan program OSIS bidang Peningkatan Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi, sedangkan Bussiness Day merupakan program OSIS bidang keterampilan dan kewirausahaan. Senam SKJ dan Bussiness Day diadakan dengan tujuan membiasakan siswa untuk hidup sehat serta mengajarkan keterampilan berbisnis sejak dini.

Kegiatan senam dan Bussines Day dilaksanakan di dua tempat berbeda. Untuk kelas putri dilaksanakan di Sport Center, sementara kelas putra di halaman depan sekolah. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 07.00 hingga pukul 08.00. Setelah itu siswa kembali mengikuti pembelajaran seperti biasa.

Tak hanya siswa, para guru juga ikut serta mengikuti senam. Bahkan para guru ini berharap OSIS dapat menyelenggarakan dua kegiatan ini secara rutin.

Kegiatan senam selesai pada pukul 07.30, lalu seluruh siswa dan guru beramai-ramai membeli makanan dan minuman yang disediakan oleh stan kelas. Masing-masing kelas menyediakan beragam makanan dan minuman untuk dijual. Banyak kelas pula yang menyajikan makanan secara kreatif, ada pula yang mendesain poster, hingga ada yang aktif melakukan pendekatan langsung kepada para pembeli.

“Business day merupakan cerminan dari pembelajaran yang sesungguhnya. Mereka diberi kepercayaan, mereka merencanakan, mereka melakukan, sebagian mengambil risiko, mereka mendapat hasil yang nyata, dan mereka mengevaluasi sendiri melalui laporan. Kegiatan itu dapat berdampak besar bagi mereka. Siapa tahu beberapa tahun mendatang ada yang memulai bisnis mereka karena mengingat betapa serunya berbisnis di Business Day hari ini. Semoga tahun depan mereka diberi kesempatan yang lebih, terjun berbisnis di luar sekolah,” tutur Ustaz Ade, guru bahasa Inggris sekaligus wali kelas 8G.

Ketika dijumpai, Ustazah Sumintarsih, M.Pd.I selaku pembina OSIS pun merasa jika kegiatan tersebut sungguh bermanfaat. “Senam SKJ dan Bussiness Day semester ini akan diadakan 2 kali dan semester besok akan diadakan 3 kali. Kegiatan senam dan Bussiness Day dilaksanakan bersama untuk menghemat waktu.”

Dia melanjutkan, ada penilaian dalam kegiatan ini dan disediakan hadiah untuk kelas yang paling aktif. Dalam hal ini siswa menyiapkan, melaksanakan dan melaporkan sehingga memahami praktik menghitung laba yang diperoleh.

“Sebenarnya selama ini pengurus OSIS sudah rutin berwirausaha melalui kantin sore. Namun kali ini OSIS mengajak semua siswa untuk berwirausaha bersama. Alhamdulillah anak-anak senang dan antusias melaksanakan. Semoga menjadi bekal hidup yang bermanfaat,” harap Ustazah Sumintarsih.[]

sekolah_terbaik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*