Pustakawan Kecil Untuk Menumbuhkan Budaya Baca di Sekolah

img-20161011-wa0008

Purwokerto-SMP Al Irsyad Al Islamiyyah mengadakan pelatihan bagi pustakawan kecil yang diikuti oleh kelas VII  dan VIII (5/12) di perpustakaan\ sekolah. Beberapa siswa kelas VII dan VIII sangat antusias mendaftarkan diri sebagai pustakawan kecil.

Menurut Nova Anggadwipuspa,SIP tujuan dari pelatihan pustakawan kecil ini untuk membentuk budaya membaca yang kian memudar di zaman global seperti sekarang. Rendahnya budaya membaca di sekolah disinyalir dari kurangnya daya tarik di perpustakaan. Dengan adanya pustakawan kecil menjadikan perpustakaan sebagai arena yang menyenangkan. Pada intinya, kita harus bisa menjadikan perpustakaan sebagai rumah dan sebagai kebutuhan bagi siswa.

Dalam pelatihan ini, siswa yang mendaftar adalah siswa yang memang hobi membaca dan senang dengan membuat hiasan ruang. Hal itu karena pustakawan harus mencintai buku dan menata dengan baik. “Pustakawan kecil telah mengikuti tes wawancara motivasi dan kepribadian oleh pustakawan sekolah sehingga akan jelas anak-anak yang memang suka dengan kegiatan membaca,” ujar Nova.

Tugas dari pustakawan kecil itu sendiri sebagai duta baca dan duta perpustakaan. Duta baca hadir sebagai motivator peningkatan minat baca di sekolah. Mereka juga sebagai pengungkit dan/atau memperkuat kegiatan perpustakaan sekolah dalam mengkampanyekan Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca secara berkelanjutan di sekolah. Dalam pelatihan itu, anak yang terpilih adalah anak yang memiliki motivasi dan komitmen untuk memajukan perpustakaan.***Diana

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*