Perkuat Pendidikan Karakter di Sekolah

SMP Al Irsyad Al Islmaiyyah Purwokerto tampaknya benar-benar sungguh-sunguh dalam mengelola pendidikan karakter di sekolah. Sebagaimana digelar pelatihan untuk para guru bertajuk Membangun Akhlak Karimah Seutuhnya. Pekan lalu di aula sekolah.

Dalam pelatihan ini, sekolah menghadirkan ustaz Sadikun, M.Pd.I. kepala biro Pendidikan Menengah LPP Al Irsyad Al Islamiyyah purwokerto.

“Kita beruntung memiliki kurikulum 2013 yang memadai untuk mendidik siswa kita agar pintar, terampil, sekaligus berkarakter,” terang ustaz Sadikun.

Alasanya, kurikulum 2013 mengejar 3 ranah sasaran pendidikan (Afektif, kognitif, psikomotor) secara proporsional. Artinya, siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baik.

“Yang paling penting adalah bagaimana guru dapat mengelola proses pendidikan agar ketiga ranah dapat terlayani dengan baik. Sehingga sangat tepat bila guru konsisten mengajar dengan menggunakan pendekatan saintifik atau ilmiah,” lanjutnya.

Pendekatan ini menurutnya sangat bagus untuk diterapkan dan dikembangkan. Artinya, harus didukung pula dengan kreatifitas guru agar pendekatan ini dapat diselaraskan dengan konteks dan diterima dengan baik oleh siswa.

“Membangun karakter siswa juga membutuhkan banyak inovasi guru,” tutur Nandi Mulyadi, M.Pd.I., kepala sekolah.

“Inovasi sejak awal proses pembelajaran, yakni sejak penyusunan rencana, pemilihan metode, proses pembelajaran, hingga evaluasi dan penilaian. Karena bila targetnya adalah pintar, trampil dan berakhlak maka semua proses harus benar-benar menggambarkan upaya pencapaian target ini,” terangnya.

Menurutnya, pelatihan ini bermanfaat untuk mengingatkan guru pada cita-cita bersama, memahamkan kembali kurikulum 2013, juga untuk membangun motivasi guru untuk semakin optimal dalam mendidik dan mengajar.[Diana]

sekolah_terbaik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*