Pembelajaran Bermakna di Luar Kelas

IMG-20170502-WA0054 IMG-20170504-WA0003 IMG-20170504-WA0001IMG-20170502-WA0042

SISWA kelas IX melaksanakan UNBK bukan berarti siswa kelas VII dan VIII libur 100%. Justru liburan seperti ini saatnya siswa belajar bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, belajar di luar sekolah.  Seperti yang dilakukan para siswa kelas percontohan Alquran SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Kelas percontohan Alquran, yang tahun ini sudah ada dua angkatan, melaksanakan Mabit (menginap), pada Rabu-Kamis, 2-4 Mei 2017. Kelas putra melaksanakan Mabit di Masjid Umar bin Khatab, Karangwangkal, sedangkan kelas putri di Masjid Gelora Satria, kompleks GOR Satria.

Kegiatan ini bertujuan untuk murojaah semua hafalan, 5 juz bagi kelas 7 dan 8 juz bagi kelas8. Acara yang juga mengundang tokoh penghafal Alquran Ustaz Rayyan Zahid ini ditutup dengan outbound di Brug Bodol, Rejasari. “Anak-anak tampak menikmati dan semoga dengan mabit ini peserta semakin termotivasi dalam menghafal Alquran,” tutur ustaz Iqbal Huda, guru Alquran sekaligus ketua panitia kegiatan.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas bacaan dan menguji hafalan Alquran, setiap hari tidak kurang dari 8 orang siswa dari kelas regular SMP, mengikuti ujian hafalan yang diselenggarakan serempak dari SD sampai SMA. Liburan selama UNBK ini, mereka nikmati untuk menunjukkan capaian hafalan Alquran, satu per satu maju di hadapan penguji.

Lain halnya dengan Pengurus OSIS yang berkegiatan menjadi Asisten Guru TK dan SD selama dua hari, Rabu-Kamis, 3-4 Mei 2017 di TK dan SD Al Irsyad Purwokerto 01 dan 02, serta SD N Pesawahan Rawalo. Melalui kegiatan ini, siswa mengamati suka dukanya menjadi guru dengan terjun langsung membantu mengajar di kelas, juga untuk melatih komunikasi mereka.

Semua kegiatan ini bukti komitmen SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bahwa selama UNBK hanya libur pembelajaran di kelas, namun kegiatan dialihkan menjadi pembelajaran bermakna di luar kelas. Termasuk setiap siswa mendapat paket latihan materi pelajaran untuk dipelajari di rumah.[Sumintarsih]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*