KEAJAIBAN BAHASA ARAB

Salah satu keistimewaan bahasa Arab, bahwa kalimat-kalimat yang ada dalam bahasa Arab, jika hurufnya diputar atau dibalik, itu punya arti berbeda namun tetap dalam dimensi dan konteks yang bersmabungan. Contohnya:

Kalimat gharafa [غرف] yang artinya menciduk, yaitu menciduk air dari bak, atau menciduk sesuatu dari tempatnya. Kalau hurufnya diputar, lalu menjadi Faragha [فرغ] yang artinya adalah kosong. Ya. Bak yang berisi air itu kalau terus diciduk, pasti akan menjadi kosong.

Kita putar lagi hurufnya menjad iGhafara [غفر] yang artiinya mengampuni, ini bersambungan dengan yang sebelumnya. Allah mengampuni dosa hambanya dengan menciduk [غرف] semua kesalahannya dengan demikian hambaNya tersebut menjadi kosong [فرغ] dari dosa.

Ada lagi kalimat Rabb [رب] yang berarti tuhan. Kita putar hurufnya menjadi Birr [بر] yang berarti berbakti (kpd orang tua). Kedua kalimat punya hubungan yang erat, karena seseorang tidak mungkin bisa dekat dengan Allah, tuhannya [رب], kecuali kalau ia berbakti [بر] kepada orang tua. Semakin jauh dia dengan orang tuanya, semakin jauh pula Allah denganNya.

Ada juga kalimat ‘Aaq [عاق] yang berarti durhaka, kepada orang tua tentunya. Kalau kita putar kalimatnya menjadi Qaa’ [قاع] yang berarti ‘lowest part of anything’, tempat terendah. Ya jelas ada hubungannya, orang yang durhaka kepada orang tua, dia berada pada poisi terendah yang hina di mata Allah dan di mata manusia bahkan .Dan orang seperti itupasti hina.

Subhanallah, itulah kemuliaan dan keindahan bahasa Arab yang Allah pilih di antara bahasa – bahasa yang ada sebagai bahasa kitabNya yang paling akhir dan paling mulia untuk Nabi dan ummat yang paling mulia.

“ Agar kalian berakal!.” Yusuf: 2.

1 Komentar

  1. terimakasih atas inspirasinya,..
    sesuatu yg Allah pilih, tentu itu lah yg terbaik, termasuk bahasa arab.
    sdh menjadi kewajiban bg setiap muslimin memahaminya krn ini bagian dari din.

    ditunggu nasihat selanjutnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*