Bersekolah, Wujud Cinta Tanah Air

Oleh : Diana Tri Rahayu, S.Pd
Guru SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

Mengapa dengan bersekolah sudah membuktikan bahwa kita cinta kepada tanah air? Mengapa dengan sungguh-sungguh mengikuti pelajaran sudah membuktikan bahwa kita telah berjuang membela bangsa dan negara? Berikut penjelasan bahwa dengan bersekolah seorang siswa telah mewujudkan cinta kepada tanah airnya, Indonesai.

  1. Generasi muda adalah tulang punggung bangsa

“Generasi muda adalah tulang punggung bangsa” merupakan pengandaian bahwa Negara Indonesia dipikul oleh generasi muda. Melalui tulang punggungnya itulah, bangsa Indonesia dapat terus berjalan dengan tegak dan hidup layak. Generasi muda (termasuk pelajar) diyakini memberikan dukungan yang sangat penting untuk membangun Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Para pemuda yang unggul dan mampu menjadi tulang punggung adalah mereka yang mengerti dan mau mengubah Indonesia menjadi negara yang maju  dan berwibawa di mata dunia.

  1. Bangsa Indonesia butuh generasi yang cakap

Bangsa Indonesia membutuhkan generasi yang cakap agar tidak tertinggal dari peradaban. Oleh karena itu, dengan rajin belajar, kita akan menjadi cakap dan siap untuk mengisi tatanan hidup di Indonesia ini.

Percuma sudah merdeka dari penjajah, kalau kita tidak bisa mengisi kemerdekaan itu dengan hal-hal yang positif. Dengan demikian sangat penting untuk sungguh-sunguh belajar di sekolah karena sekolah memberi banyak bekal yang sangat berharga untuk mengisi kehidupan di masa mendatang.

  1. Maju atau mundurnya sebuah bangsa tergantung generasi mudanya

Kita adalah pewaris yang sah bangsa ini. Dengan demikian, kesuksesan bangsa bergantung bagaimana para pewaris menggunakannya dengan baik. Di sekolah inilah, kita belajar untuk dapat menjadi pewaris bangsa yang baik. Kita belajar agama, bahasa, dan pengetahuan lain untuk menjadikan warisan yang ada dapat dikelola dengan baik.

  1. Sekolah mengenalkan kita pada lingkungan

Sekolah mengenalkan kita pada lingkungan sehingga kita dapat mencintai lingkungan kita. Kita hidup dan lahir di Indonesia, tetapi kalau kita tidak mengenal lingkungan dengan baik, rasa cinta itu tidak akan tumbuh. Kecintaan kepada tanah air bisa ditumbuhkan dengan cara kita mengtahui potensi-potensi lingkungan kita yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dengan cara ini kita akan merasa bersyukur lahir di Indonesia.

  1. Sekolah mengubah pola hidup seseorang

Dengan bersekolah, kita melakukan perubahan. Kita tentu pernah mendengar atau nonton film Laskar Pelangi.  Film ini menceritakan sepuluh anak miskin yang berkeras hati untuk belajar. Harta yang kita miliki dapat sirna dalam waktu satu jam, tetapi ilmu yang kita miliki akan memberikan kehidupan kepada kita. Begitulah filosofi yang dapat diambil. Oleh karena itu, dengan bersekolah, kita mendapatkan ilmu untuk mengubah cara pandang tentang hidup di tengah arus global.

  1. Dengan bersekolah, kita siap menghadapi berbagai cobaan yang menerpa kehidupan bangsa

Adapun yang terakhir adalah, dengan bersekolah kita sudah siap menghadapi berbagai macam cobaan yang menerpa bangsa ini. Kita belajar untuk bertahan hidup sekaligus juga bersiap untuk membela tanah air.

Membela tanah air tidak harus dalam bentuk perang, tetapi dapat dilakukan dengan belajar menjadi orang baik dengan menjaga lingkungan dan mencintai bangsa Indonesia.

Nah, semoga tulisan ini memberikan manfaat kepada kita semua bahwa dengan belajar di sekolah sudah mencerminkan cinta tanah air. Apalagi, kalau kita mampu berprestasi dan mampu menjadi orang baik yang berguna bagi bangsa dan negara. Selamat belajar.[]


Dimuat di Majalah Remaja Muslim Edisi 10 | Agustus 2017

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*