Belajar Nyata di Kubangkangkung dan Benteng Pendem

SAAT siswa kelas 9 mengikuti USBN, para siswa level 7 SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti kegiatan Outdoor study di pabrik Karet Kubangkangkung dan Benteng Pendem Cilacap. Kegiatan ini dalam rangka menambah wawasan terkait materi IPA dan IPS. Untuk kelas putra pelaksanaan kegiatan pada hari Senin, 9 April 2018, sedangkan kelas putri pada hari Selasa, 10 April 2018.

Lokasi pertama yang dikunjungi yaitu Pabrik Karet Kubangkangkung, yaitu untuk mengamati proses penyadapan karet dan pengelolaannya hingga siap di kirim ke berbagai daerah untuk diolah menjadi bahan yang lebih bernilai tinggi. Selain itu, seluruh siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang pengolahan limbah yang dihasilkan pabrik.

Selanjutnya kurang lebih 45 menit dari pabrik karet Kubangkangkung seluruh siswa juga mengunjungi Benteng Pendem. Di lokasi ini, para siswa diajak mengamati bentuk-bentuk bangunan dan mencari informasi mengenai sejarah Benteng Pendem.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi level 7 dapat memanfaatkan liburannya tidak hanya bersantai di rumah, tetapi juga dapat belajar secara nyata berkaitan dengan materi IPS dan IPA yang pernah dipelajari,” ungkap Ustad Mustamim Luthfi, S.Pd.I., wakil kepala sekolah level 7. [Wahyu Mayranti]

sekolah_terbaik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*