Ajarkan Life Skill Melalui Daur Ulang Barang Bekas

PEDULI lingkungan tidak lagi menjadi slogan tanpa makna di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Seluruh warga sekolah telah menerapkan slogan tersebut dalam aktivitas sehari-hari, minimal melalui pemilahan sampah. Siswa juga sudah otomatis memilah saat akan membuang sampah. Sampah organik yang dapat segera terurai sudah otomatis terpisah dengan sampah anorganik.

Uniknya, sampah anorganik ini mulai dikelola sekolah untuk didaur ulang oleh para siswa menjadi berbagai barang kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Bahkan sekolah menggelar pula lomba kerajinan dari barang bekas, mulai tanggal 18 Februari sampai tanggal 6 Maret 2019. Rencananya, semua kerajinan barang bekas akan dipajang di stand pendidikan saat Edu Fair pada 9-10 Maret 2019 mendatang.

“Ini merupakan salah satu cara sekolah mengajarkan life skill kepada siswa. Dengan ini siswa tak hanya mengenal teori  pemanfaatan barang bekas, namun juga praktik langsung mengolah barang bekas,” terang ustaz Sudrajat, kepala sekolah.[Ferina]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*